Kamis, 09 Oktober 2014

Apakah Anda Tahu Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

bahaya merokok bagi kesehatan tubuh
Anda mungkin tahu tentang hubungan antara merokok dan kanker paru-paru, tetapi apakah Anda tahu bahaya merokok bagi kesehatan tubuh yakni terkait dengan penyakit jantung, stroke dan penyakit paru-paru kronis lainnya? Merokok juga dapat meningkatkan risiko untuk kanker kandung kemih, tenggorokan, mulut, ginjal, leher rahim, dan pankreas. Berpikir untuk berhenti? Silahkan lihat fakta berikut ini!

Mengapa Anda harus berhenti merokok?
  • Merokok adalah penyebab kematian yang paling dapat dicegah.
  • Merokok menyebabkan lebih dari satu dari lima kematian di Amerika.
  • 90 persen dari kanker paru-paru pada pria secara langsung berhubungan dengan merokok dan 80 persen dari kanker paru-paru pada wanita disebabkan oleh rokok.
  • Sekitar 23 persen pria dewasa dan sekitar 18 persen wanita dewasa merokok.
  • Persentase tertinggi orang yang merokok antara usia 25 dan 44.
  • Menurut American Heart Association, sebagian besar perokok dewasa mulai merokok ketika mereka praremaja atau remaja. Sayangnya, banyak anak muda tidak sepenuhnya memahami bahaya merokok.
  • Sekitar 60 persen anak-anak usia 4-11 tahun terpapar asap rokok di rumah.
  • Rata-rata, perokok meninggal 13 sampai 14 tahun lebih awal daripada bukan perokok.
  • Sejak 1965, lebih dari 45 persen orang dewasa yang pernah merokok telah berhenti dan Anda bisa menjadi salah satu dari jutaan orang yang berhasil berhenti merokok setiap tahun.
Apa yang membuat rokok jadi beracun dan berbahaya?

Ada 4.000 komponen kimia yang ditemukan dalam rokok dan setidaknya 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan manusia, menurut Centers for Disease Control and Prevention USA.

Berikut adalah beberapa contoh bahan kimia berbahaya pada rokok:
  • 1,3-Butadine adalah bahan kimia yang digunakan untuk memproduksi karet. Menurut CDC, "mungkin meningkatkan risiko kanker di perut, darah dan sistem limfatik."
  • Akrolein adalah gas berhubungan dengan kanker paru-paru. Ini menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru yang melindungi Anda dari penyakit paru-paru.
  • Arsenik digunakan untuk mengawetkan kayu. Pada manusia, dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker.
  • Benzene digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kanker, terutama leukemia, pada manusia.
  • Kadmium adalah logam yang digunakan untuk membuat baterai. Kadmium dapat mengganggu perbaikan DNA yang rusak, serta kerusakan ginjal dan lapisan arteri.
  • Kromium VI digunakan untuk membuat logam paduan, cat dan pewarna. Telah terbukti dihubungkan dengan kanker paru-paru.
  • Formaldehida adalah bahan kimia yang digunakan untuk membunuh bakteri dan melestarikan sisa-sisa manusia dan hewan. Ini adalah diketahui penyebab kanker, salah satu zat utama terkait dengan penyakit paru-paru kronis dan bahan yang sangat beracun dalam asap rokok.
  • Polonium-210 adalah unsur radioaktif dihirup langsung ke dalam saluran napas. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang merokok satu pak dan setengah pak rokok sehari menerima radiasi yang sama layaknya radiasi dari sinar-X 300-plus per tahun!
  • Tar solid, bahan kimia terhirup dikaitkan dengan peningkatan risiko untuk kanker. Hal ini juga meninggalkan lengket, residu coklat pada paru-paru, gigi dan kuku.
  • Karbon monoksida & nikotin: Karbon monoksida adalah gas berbahaya Anda menghirup ketika Anda merokok. Setelah di paru-paru Anda, itu ditransfer ke aliran darah Anda. Karbon monoksida menurunkan jumlah oksigen yang dibawa dalam sel darah merah. Hal ini juga meningkatkan jumlah kolesterol yang disetorkan ke lapisan dalam arteri yang, dari waktu ke waktu, dapat menyebabkan arteri mengeras. Hal ini menyebabkan penyakit jantung, penyakit arteri dan serangan jantung mungkin. Nikotin adalah zat kimia berbahaya dan sangat adiktif. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah (pembuluh yang membawa darah). Nikotin juga dapat berkontribusi untuk pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya, dapat menyebabkan serangan jantung. Kimia ini dapat tinggal di tubuh Anda selama enam sampai delapan jam tergantung pada seberapa sering Anda merokok. Juga, seperti kebanyakan zat adiktif, ada beberapa efek samping.
Bahata Bekas Asap Rokok Bagi Kesehatan

Perokok bukan satu-satunya yang dipengaruhi oleh asap tembakau. Asap rokok merupakan bahaya kesehatan yang serius bagi perokok, terutama anak-anak. Bukan perokok yang memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol darah tinggi memiliki risiko yang lebih besar terkena penyakit jantung ketika mereka terpapar asap rokok.

Lingkungan asap tembakau menyebabkan sekitar 46.000 kematian akibat penyakit jantung dan 3.400 kematian akibat kanker paru-paru. Studi menunjukkan bahwa risiko penyakit jantung adalah sekitar 25-30 persen lebih tinggi di antara orang-orang yang terpapar asap tembakau lingkungan di rumah atau bekerja. Asap rokok mempromosikan penyakit, juga. Anak-anak dari perokok memiliki banyak infeksi pernafasan lebih daripada anak-anak dari bukan perokok. Perempuan non-perokok yang terpapar asap tembakau juga lebih cenderung memiliki bayi dengan berat badan rendah.

Ini adalah hanya beberapa dari bahan kimia berbahaya yang ditemukan dalam rokok; masih banyak lagi. Tapi Anda tidak harus menghabiskan sisa hidup Anda menyerah pada kecanduan rokok Anda! Ribuan orang menghentikan kebiasaan merokok ini setiap tahunnya, dan Anda bisa menjadi salah satu dari mereka. Ini mungkin tidak mudah, tetapi Anda dapat melakukannya!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar